Friday 16 December 2016

TINJAUAN PUSTAKA : MATERI DAN PERUBAHANNYA

No comments:
TINJAUAN KEPUSTKAAN 
MATERI DAN PERUBAHANNYA





Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang materi dan perubahannya. Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menepati ruang. Contoh : kursi, kapur, batu bata, udara, dan lain-lain. Yang bukan termasuk materi yaitu cahay matahari. Massa suatu benda sama dimanapun berada. Berbeda dengan berat, berat suatu benda tergantung pada gravitasi. Contoh seorang astronot. Wujud materi digolongkan menjadi 3 yaitu : padat materi yang berwujud padat adalah materi yang partikelnya rapat sehingga bentuk dan volumenya tetap. Cair materi yang berwujud cair adalah materi yang partikelnya lebih rengga daripada zat padat sehingga tergantung pada mediumnya, volume tetap. Gas materi yang berwujud gas adalah materi yang partikelnya tidak beraturan sehingga bentuk dan volumenya tergantung pada mediumnya (Sentot Budi, 2004).
Perubahan materi dan perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menyebabkan terjadinya perubahan baru. Perubahan fisika dapat disebabkan oleh perubahan-perubahan berikut. Perubahan wujud, contoh : air membeku, lilin yang meleleh, iodium menyublim perubahan ukuran, contoh: gula larut dalam air. Perubahan bentuk, contoh: kain menjadi baju, emas menjadi cincin. Perubahan kimia dapat disebabkan oleh proses pembakaran, contoh: kertas dibakar menjadi arang. Proses peragian, contoh: kacang kedelai menjadi kecap. Proses kerusakan, contoh: besi berkarat. Proses kimia didalam tubuh makhluk hidup, contoh:  karbohidrat gula (Drs.Mischael Purba, 2006)
Perubahan kimia adalah perubahan zat yang menyebabkan terjadinya zat jenis baru, dan zat semula mengalami susunan kimianya. Ciri perubahan kimia adalah zat yang terbentuk tidak dapat dikembalikan ke bentuk semula, misalnya gula di panaskan dan kertas di bakar. Kondisi yang berpengaruh dala perubahan kimia antara lain suhu, tekanan, medium, arus listrik dan cahaya. Dalam perubahan kimia selalu di ikuti oleh perubahan energi, dapat  berupa energi kalor, listrik, ataupun cahaya (keenan,1984)
Ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur materi,sifat sifat maateri, perubahan suatu materi menjadi materi lain,serta energi yang menyertai perubahan materi. Mempelajari ilmu kimia tidak hanya bertujuan menemukan zat-zat kimia yang langsung bermanfaat  bagi kesehjateraan umat manusia belaka, akan tetapi ilmu kimia dapat pula memenuhi keinginan seseorang untuk memahami berbagai peristiwa alam yang ditemukan dalam kehidupan sehari hari, mengetahui hakikat materi serta perubahannya , menanamkan metode ilmiah, mengembangkan kemampuan dalam mengajukan gagasan- gagasan, dan memupuk ketekunan serta ketelitian bekerja (anshory,2000)













Budi,Sentot.2008. Kimia Berbasis Eksperimen. Solo. Tiga Serangkai
Mischel. 2006. Kimia. Jakarta: Erlangga
Keenan,charles W. 1984. Kian untuk universitas jilid I . Erlangga,Jakarta.

Anshory,irfan. 2000. Kimia universitas jilid I . Erlangga, Jakarta.

No comments:

Post a Comment

Berbagi senyum itu indah :)

 
back to top